Dorong Kerjasama Hingga Terwujud Kolaborasi Antara Pihak Terkait, Program Pembinaan Narapidana di Indonesia

RADAR BARAT

- Redaksi

Selasa, 22 Agustus 2023 - 15:53 WIB

3071 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandung |  Kunjungan kerja Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Dra. Kasihhati, beserta Pengawas Dewan Pers Independen (DPI), Lilik Adi Goenawan,S.Ag ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandung diterima langsung oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Bandung, Gumilar Budi Rahayu, beserta jajaran pada Selasa, (22/8/2023) .

Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka memantau dan meninjau langsung terkait program Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tengah dilaksanakan di dalam UPT Lapas Narkotika Kelas II A Bandung.

“Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung dikenal sebagai Lembaga Pemasyarakatan yang fokus pada narapidana yang terlibat dalam kasus narkotika dan kriminal umum.” kata Kalapas Narkotika Kelas II A Bandung Gumilar Budi Rahayu saat diwawancara awak media.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dalam upaya untuk memberikan pembinaan yang efektif bagi para narapidana, lembaga ini menjalankan berbagai program rehabilitasi dan pendidikan agar mereka dapat kembali berkontribusi positif bagi masyarakat setelah menjalani hukuman.” tegas Gumilar.

Baca Juga :  Ciptakan Pemilu Damai, PHDI dan Organisasi Kemasyarakatan Hindu Tingkat Jabar Gelar Pernyataan Sikap

“Kami beserta Kalapas dan jajaran berkesempatan meninjau blok darapidana dan berdiskusi dengan Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas II A Bandung serta staf pengelola Bimker Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung.” kata Kasihhati.

“Kami berdiskusi berbagai aspek pembinaan yang dilakukan, termasuk program-program pendidikan, pelatihan keterampilan, serta layanan kesehatan yang tersedia bagi narapidana.” tegas Kasihhati.

Dra. Kasihhati memaparkan kunjungan kami untuk melihat secara langsung bahwa narapidana yang berada di Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung mendapatkan pembinaan yang sesuai dengan hak asasi manusia. Kami juga ingin mendengarkan langsung dari narapidana tentang pengalaman mereka dalam menjalani program-program rehabilitasi.

“Pembinaan yang efektif di dalam Lembaga Pemasyarakatan sangat penting untuk membantu narapidana memperbaiki diri dan mengubah arah hidup mereka setelah kelak mereka bebas usai menjalani hukuman dan kembali ke masyarakat.” kata Pengawas Dewan Pers Independen (DPI) Lilik Adi Goenawan, S. Ag.

Lilik Adi Goenawan memaparkan kami mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung dalam hal pembinaan WBP yang pada akhirnya mereka mempunyai skill yang bisa andalkan hingga berguna sebagai bekal saat mereka kembali kemasyarakat.

Baca Juga :  Diapresiasi Dirjen PDSPKP Soal Challenge, PT PIL Akan Buat Grand Desain

“Terima kasih atas cinderamata jersey bergambar fhoto Ketua Presidium FPII karya Warga Binaan Bimker Lapas Narkotika Kelas II A Bandung yang dibuat secara cepat dan berkualitas serta mempunyai nilai jual yang bisa bersaing dipasar dengan produk-produk konfeksi diluar jeruji besi.”pungkas Lilik Adi Goenawan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Forum Pers Independent Indonesia (FPII) dan Dewan Pers Independen (DPI) ,harapan kami dapat memberikan pemahaman dan berita positiv pada masyarakat luas tentang upaya pembinaan yang sedang berlangsung di lembaga pemasyarakatan tersebut.” ujar Gumilar.

“Semoga kunjungan perdana ini akan mendorong kerjasama hingga terwujud kolaborasi yang lebih erat antara berbagai pihak terkait untuk terus meningkatkan program pembinaan narapidana di Indonesia.”pungkas Gumilar.

(Eric_Presidium FPII)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Perayaan hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946/Tahun 2024 Masehi, Kota Cimahi Diawali dengan Pawai Budaya
Ciptakan Pemilu Damai, PHDI dan Organisasi Kemasyarakatan Hindu Tingkat Jabar Gelar Pernyataan Sikap
Ketua PH PHDI Provinsi Jawa Barat, Membuka kegiatan Margarana Cup Tahun 2023 Wilayah Bandung Raya
Pegiat Sosial Sandy Tumiwa, Soroti Bullying Ditingkat Sekolah di Jawa Barat
Ketua PH PHDI Provinsi Jawa Barat, Deklarasikan Gerakan Nasional Pura Ramah Anak
Diapresiasi Dirjen PDSPKP Soal Challenge, PT PIL Akan Buat Grand Desain
Yayasan Prabu Foundation Bersama Polda Jabar dan Kesbangpol Kabupaten Bandung, Gelar Sosialisasi Pemilu Damai
IKA UTU Wakili Indonesia Pada Asean Higher Education Confernce 2023

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 08:10 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara Iptu Andi K Barus, SH, Patroli Antisipasi Geng Motor, Tindak Tegas Sepeda Motor Kenalpot Blong

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:32 WIB

Cooling System Jelang Pilkada 2024 Personil Sat samapta Polres Batu Bara Pesankan Masyarakat Hindari Berita Hoax

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:20 WIB

Jum’at Curhat di Pesantren AL -ITQON Desa Titi Merah, Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH Harap Para Guru Ikut Serta Berperan Berantas Narkoba

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:30 WIB

Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH, Sosialisasi Bahayanya Narkoba di Desa Suka Maju

Jumat, 12 Juli 2024 - 09:52 WIB

Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH, Sosialisasi Bahayanya Narkoba di Desa Suka Maju

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:30 WIB

Penggelapan Septor Nazaruddin, Hanafi Diringkus Polisi di Tebing Tinggi

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:24 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara, Patroli Blue light Laporan Arus lalulintas Dari Arah Medan Menuju Kota Kisaran Lancar

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:21 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara, Patroli Blue light Laporan Arus lalulintas Dari Arah Medan Menuju Kota Kisaran Lancar

Berita Terbaru