Ketua P2K Desa Penjaitan Tanggapi Berita, Foto Yang Beredar Melanggar UU ITE dan Hak Cipta

RADAR BARAT

- Redaksi

Minggu, 10 September 2023 - 17:36 WIB

3051 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Singkil | Menanggapi sejumlah Polemik dalam tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Penjahitan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Ketua Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Desa Penjahitan, Yahya angkat bicara.

Menurut Yahya, P2K sudah bekerja secara maksimal dalam menjalankan tugas sebagai panitia tanpa ada keberpihakan kepada siapapun Bacalon Keuchik di Desa Penjaitan.

“Pada dasarnya Kami selaku panitia bekerja secara profesional. Jadi dalam tahapan ini perlu diketahui agar tidak salah dalam pemahaman. Semua orang bisa menjadi bakal calon namun belum tentu semua bisa menjadi calon, tentu yang bisa dipahami,” kata Yahya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Yahya menyebutkan, siapa saja bisa memberikan kritikan karena itu salah satu kebebasan dalam menyampaikan pendapat didepan umum sebagaimana diatur dalam Undang-undang. Rasa tidak senang, tidak terima ataupun alasan lainnya itu merupakan hak dari setiap orang.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil Segera Ambil Sikap, Terkait Pemilihan Keuchik

“Ada kemarin menyampaikan surat keberatan terhadap Bacalon dan itu sudah kita terima. Semua ada mekanismenya, ada aturan dan tahapan yang perlu kita jalankan. Karena ini adalah untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi, maka kami selaku Panitia akan benar-benar kerja keras, silahkan juga dipelajari dan dipahami, selain Perbub Undang-Undang juga ada agar tidak salah dalam mengambil suatu keputusan ataupun kebijakan,” terangnya.

Selain itu, Yahya juga juga menyebutkan, foto dalam beberapa pemberitaan yang beredar tentang penyerahan surat keberatan dari sejumlah masyarakat tentang bakal calon kepala desa tidaklah benar.

“Foto di berita yang beredar itu tidak benar, karena itu foto pada saat serah terima jabatan Ketua P2K lama, atas nama Sikata dengan ketua P2K yang baru. Foto diambil pada tanggal (30/8/2023) lalu di balai pengajian Desa Penjahitan. Jadi ini sudah jelas melanggar UU baik itu ITE maupun UU Hak Cipta. Mereka memanipulasi foto pemberitaan dengan cara mereka sendiri. Mereka tanpa izin dan Konfirmasi pemberitaan dan mencatut foto yang bukan pada tempatnya,” tegas Yahya.

Baca Juga :  Pernyataan Razaliardi Manik Menuai Protes dan Menciderai Haty dan Demokrasi Masyarakat, dalam Pembentukan P2K di Desa Penjahitan Jelas Cacat administrasi dan Hukum

Yahya juga berharap kepada masyarakat dan juga rekan-rekan media agar tetap mengedepankan etika dan Kode etik Jurnalis dalam melaksanakan kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia dalam rangka menjalankan tugas.

“Artinya saya merasa keberatan dengan foto itu, karena itu sudah jelas Hoax. Gambar itu tidak menceritakan fakta yang sebenarnya,” tegas Yahya. (TIM)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Siaga 24 Jam Polsek Gunung Meriah Lakukan Pengamanan Untuk Hal Ini
Keluarga Korban Pemerkosaan 5 Pria Anak Dibawah Umur Tunjuk YARA Jadi Kuasa Hukum
Terkait Pemberitaan Wartawan GARUDANEWS, Seperti Pahlawan Kesiangan Kita akan siapkan hak Koreksi Sesuai UU Pers
Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil Segera Ambil Sikap, Terkait Pemilihan Keuchik
Kuasa Hukum Masyarakat “Ultimatum” P2K Lae Sipola, Terkait Lolosnya Bacalon Kades Diduga Memiliki KTP Ganda
Pernyataan Razaliardi Manik Menuai Protes dan Menciderai Haty dan Demokrasi Masyarakat, dalam Pembentukan P2K di Desa Penjahitan Jelas Cacat administrasi dan Hukum
Ketua B.A.I Aceh Singkil Desak Pj Bupati, Segera Selesaikan Polemik Pembentukan P2K Mayarakat Desa Penjaitan
Aktivis Anti Korupsi Singkil Roni Syehrani Angkat Bicara: Perihal BPKam dengan Pengangkatan P2K Penjahitan Kecamatan Gunung Meriah

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 08:10 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara Iptu Andi K Barus, SH, Patroli Antisipasi Geng Motor, Tindak Tegas Sepeda Motor Kenalpot Blong

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:32 WIB

Cooling System Jelang Pilkada 2024 Personil Sat samapta Polres Batu Bara Pesankan Masyarakat Hindari Berita Hoax

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:04 WIB

Kapolres Batu Bara Hadiri Kenduri Kampung Bersih Desa di Kapal Merah

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:30 WIB

Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH, Sosialisasi Bahayanya Narkoba di Desa Suka Maju

Jumat, 12 Juli 2024 - 09:52 WIB

Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH, Sosialisasi Bahayanya Narkoba di Desa Suka Maju

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:30 WIB

Penggelapan Septor Nazaruddin, Hanafi Diringkus Polisi di Tebing Tinggi

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:24 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara, Patroli Blue light Laporan Arus lalulintas Dari Arah Medan Menuju Kota Kisaran Lancar

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:21 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara, Patroli Blue light Laporan Arus lalulintas Dari Arah Medan Menuju Kota Kisaran Lancar

Berita Terbaru