FPII Gandeng AMPHIBI dan KLHK, Salurkan Bantuan 5000 Bibit Pohon Buah Diterima Kalapas Salemba

RADAR BARAT

- Redaksi

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:40 WIB

3046 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA–Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Dra.Kasihhati menginisiasi gerakan hijaukan Rutan/Lapas dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

“Dalam rangkaian HUT FPII Ke-8 kami melakukan aksi nyata memberikan bantuan 5000 bibit pohon buah yang akan ditanam di Rutan dan Lapas Kanwil Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang dipusatkan di Lapas Kelas II A Salemba.” kata Dra.Kasihhati saat di wawancara awak media pada Rabu, (21/2/202).

Kasihhati membeberkan gerakan perdana menghijaukan Rutan dan Lapas di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta merupakan Pilot Project yang bertujuan memberdayakan warga binaan serta kepedulian terhadap lingkungan khususnya di Rutan dan Lapas yang juga berdampak mengurangi polusi udara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tentu aksi nyata yang kami lakukan bukan hanya sebatas wacana atau retorika belaka,namun aksi nyata kepedulian organisasi Pers terhadap, masyarakat dengan melakukan rangkaian HUT FPII dibeberapa Wilayah di Indonesia, memberikan santunan dan bantuan kepada Pondok Pesantren dan Yayasan Yatim Piatu, seperti di Sumsel,Riau,Sulsel,dan beberapa daerah lainnya dilanjutkan dengan dengan bersinergi bersama Lembaga AMPHIBI dan berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).” tegas Kasihhati.

Baca Juga :  Surat Terbuka Kepada Menkumham RI Bapak Prof Yasonna H. Laoly

“Berawal dari kunjungan kerja Presidium FPII ke Lapas Kelas II A Salemba yang akhirnya kami aktualisasikan dalam rangkaian HUT FPII Ke-8 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 yang diperingati pada 21 Februari 2024.” ungkap Kasihhati.

“FPII sebagai organisasi pers independent tak hanya menjalankan fungsi kontrol , namun juga menjalankan fungsi sosial dengan mengaplikasikan kegiatan aksi nyata hijaukan Rutan dan Lapas di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sebagai project perdana.” beber Kasihhati.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia jajaran UPT Lapas Kelas II Salemba sehingga aksi nyata gerakan hijaukan Lapas dan Rutan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dapat terselenggara dalam rangkaian HUT FPII Ke- 8; dengan memberikan bantuan 5000 bibit pohon buah yang diinisiasi oleh Ketua Presidium FPII Bunda Kasihhati serta Ketua Umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung juga KLHK” kata Kalapas Kelas II A Salemba Beni Hidayat .

“Kami juga memberikan apresiasi tali kasih kepada pegawai pegiat kebersihan lingkungan beserta tamping warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas II A Salemba.”tegas Beni.

Beni memaparkan tentunya kami akan mendistibusikan bantuan bibit pohon tersebut kepada Kepala UPT Rutan maupun Lapas dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kami juga melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam pelaksanaan program hijaukan Lapas dan Rutan dari proses penanaman, perawatan, hingga panen yang tentunya akan berdampak positif bagi kami dan juga dapat mengurangi polusi udara khusus di DKI Jakarta.”ujar Beni.

Baca Juga :  Dampak Hukum Terhadap Bekas Tanah KINAG Terkait Kasus Sengketa Tanah Program Redistribusi di Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok

Turut hadir Kalapas Kelas I Cipinang, Kalapas Narkotika Jakarta, Karutan Kelas I Cipinang , Karutan Salemba, Wakil Ketua Presidium FPII Noven Saputra, Dewan Pakar FPII Lilik Adi Gunawan, Penasehat FPII H.Cecep Hidayat serta Pengurus DPP AMPHIBI, Ketua Umum Perkumpulan Peduli Nusantara Tunggal (PPNT) Arthur Noija, SH serta jajaran.

Para undangan juga dihibur live music Warga Binaan Lapas Salemba juga para undangan menyumbangkan lagu yang diakhiri sesi fhoto bersama.

“Semoga sinergitas Lapas Kelas II A Salemba Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan FPII serta DPP AMPHIBI dapat terjalin makin lebih baik kedepannya, FPII telah membuktikan berkontribusi tak hanya sebagai alat kontrol namun juga menjalankan fungsi sosial.” pungkas Beni.

Sumber: Eric _Presidium FPII

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Anggaran Pendidikan, Aduhay
Kebangkitan Nasional dan Legacy Fundamental bagi Pemerintah Mencapai Indonesia Emas 2045
Menjunjung Tinggi UU Pers, DPP AMI Segera Laporkan Teva Iris ke Mapolda Riau
Pekerja Migran Perempuan Menjadi Sasaran Radikalisme Online, Pakar : Perlu Upaya Bersama Melakukan Pencegahan dan Deradikalisasi
HIPMI Gelar Buka Bersama, Rangga Derana: Untuk Merajut Persatuan
Voice Hub Ajak Pebisnis & Kalangan Profesional untuk Networking Sambil Mengasah bahasa Inggris
Iqbal Irsyad: Jadikan PWI Jaya Lahan Pengabdian & Akan Gelar UKW Gratis
PUSAT PENGEMBANGAN RISET SAMPAH INDONESIA (PERISAI) MENDUKUNG KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH SECARA KOMPREHENSIF

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 08:10 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara Iptu Andi K Barus, SH, Patroli Antisipasi Geng Motor, Tindak Tegas Sepeda Motor Kenalpot Blong

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:32 WIB

Cooling System Jelang Pilkada 2024 Personil Sat samapta Polres Batu Bara Pesankan Masyarakat Hindari Berita Hoax

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:04 WIB

Kapolres Batu Bara Hadiri Kenduri Kampung Bersih Desa di Kapal Merah

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:30 WIB

Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH, Sosialisasi Bahayanya Narkoba di Desa Suka Maju

Jumat, 12 Juli 2024 - 09:52 WIB

Kasat Res Narkoba AKP Fery Kusnadi, SH, Sosialisasi Bahayanya Narkoba di Desa Suka Maju

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:30 WIB

Penggelapan Septor Nazaruddin, Hanafi Diringkus Polisi di Tebing Tinggi

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:24 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara, Patroli Blue light Laporan Arus lalulintas Dari Arah Medan Menuju Kota Kisaran Lancar

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:21 WIB

Kasat lantas Polres Batu Bara, Patroli Blue light Laporan Arus lalulintas Dari Arah Medan Menuju Kota Kisaran Lancar

Berita Terbaru